Wednesday, May 25, 2016

Khusnudzon

Pengertian  Husnuzan
Husnuzan secara bahasa berarti “berbaik sangka” . lawan katanya adalah suudzon  yang berburuk sangka atau apriori ,skeptis ,dan sebagainya .husnuzan adalah sikap metra dan cara pandang seseorang yang membuatnya melihat sesuatu secara positif seorang yang memiliki sikap husnuzan akan mempertimbangkan sesuatu dengan pikiran jernih .pikiran dan hatinya bersih dari prasangka yang belum tentu kebenaranya.

1. Husnuzan terhadap Allah Swt.
Sebagai seorang muslim kita wajib berprasangka baik kepada Allah Swt. dan rasul-Nya, dalam hal ini berarti setiap muslim harus yakin bahwa Allah Swt. dan rasul-Nya senantiasa berlaku baik kepada dirinya. Perintah dan larangan Allah Swt. yang dibawa oleh rasul-Nya, yang ditetapkan dalam syariat Islam adalah untuk kebaikan manusia sendiri dan sama sekali bukan untuk kebaikan Allah Swt. dan rasul-Nya.

Di antara sikap dan perilaku sebagai perwujudan husnuzan terhadap Allah Swt. adalah perilaku syukur dan sabar.

2. Husnuzhan terhadap Diri Sendiri
Husnuzhan terhadap diri sendiri adalah sikap seorang muslim yang bisa menghadapi hidup dengan penuh harapan dan tidak pernah putus asa. Sikap seperti ini sangat dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Karena sifat inilah yang dapat menumbuhkan sifat-sifat positif lainnya sperti sifat gigih dan selalu berinisiatif.Dalam hal ini manusia kan selalu mengejar apa yang menjadi keinginannya dan apa yang menjadi cita-citanya. Ia akan selalu berusaha dan tak lupa pula berdoa keada Allah SWT atas semuanya itu.Firman Allah SWT dalam Al Qur`an surat Al Mu`min ayat 60: Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.

3. Husnuzan terhadap sesama Manusia
Husnuzan merupakan sikap mental terpuji, yang mendiring pemiliknya untuk bersikap, bertutur kata, dan berbuat yang baik dan bermanfaat.

Perwujudan dari husnuzan itu hendaknya diterapkan dalam kehidupan berkeluarga, bertetangga dan bermasyarakat.

Contoh-Contoh Khusnuzon
a. Khusnuzon Kepada Allah
     - Syukur
     - Sabar

b. Khusnuzon Terhadap Diri sendiri
     - Gigih (Sungguh-sungguh)
     - Berinisiatif

c. Khusnuzon Terhadap Sesama Manusia
     - Rela Berkorban
     - Percaya Diri

Sikap Khusnuzon
a. Membentuk pribadi yang tangguh
b.  Menjadikan seseorang teguh pendirian
c.  Menjadikan seseorang kreatif
d.  Menyebabkan seseorang tidak gampang berputus asa dan menyerah terhadap keadaan.

0 komentar:

Post a Comment