Thursday, August 13, 2015

Sekilas tentang Leadership Training

Leadership training merupakan sebuah program pelatihan yang didesain khusus untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan seseorang secara efektif serta mampu diimplementasikan  dalam kegiatan berorganisasi sehingga mendapatkan pencapaian hasil yang memuaskan. Leadership training biasanya menerapkan metode secara holistik dimana setiap akan mampu mengalami, dan mendapatkan wawasan, serta wacana baru yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Anda mungkin sering melihat leadership training di surat kabar, papan reklame dan media iklan lainnya. Pada umumnya leadership training yang ditawarkan dalam media iklan tersebut sangat spesifik tergantung peserta dan tujuan yang ingin dicapai. Misal leadership training untuk mahasiswa, karyawan, sekretaris, supervisor, manajer, dan lain-lain.
Secara umum tujuan leadership training, yaitu agar pesertanya mampu untuk lebih  efektif dalam mengembangkan bawahannya, lebih profesional dalam bersikap dan dapat menjadi panutan/contoh untuk bawahannya.
Materi yang disajikan dalam leadership training, sangat tergantung dari peserta dan tujuannya. Berikut ini contoh garis besar materi leadership training untuk seorang manajer perusahaan.
1. Pengertian tentang leadership : cara membangun kerja tim dan bawahan
a. Memfokuskan pada orang adalah kunci sukses leadership
b. Memahami tipe-tipe pekerja
c. Memahami perilaku alamiah dan ketertarikan pekerja
d. Mengenali komponen kerja tim yang efektif
e. Mengoptimalisasi struktur kerja tim
f.  Mendesain cara penugasan yang efektif dan sesuai dengan kerja tim
g. Menilai dan memberikan solusi kepada kerja tim
2. Leadership dalam diri pribadi : Nilai seorang pemimpin
a. Menilai leadership diri sendiri
b. Memahami tipe-tipe kepemimpinan
c. Membedakan perilaku leader dengan manajer
d. Kemampuan pokok seorang pemimpin :
- Berfikir strategis
- Mampu memecahkan masalah
- Mampu membuat keputusan
- Berpengaruh terhadap bawahannya (sebagai pelatih dan konsultan)
- Kepemimpinan yang berdasarkan situasi adalah teknik leadership yang paling efektif
3. Teknik leadership dengan memberikan contoh panutan kepada bawahan
a. Memahami  tantangan dan bagaimana mengelolanya
b. Membangun kepercayaan dan mengantisipasi perbedaan nilai di tempat kerja
c. Komitmen dan keberanian mengambil keputusan
d. Leadership dalam teknik berkomunikasi
e. Pemahaman meta program
Meta program merupakan sebuah ilmu dan kemampuan praktis mengenai sifat dasar manusia yang memikirkan sesuatu, memilih sesuatu, dan beraksi serta kemampuan bagaimana merubahnya sesuai dengan yang diinginkan . Dasar praktis implementasinya melalui 7 pendekatan pemikiran yaitu : independen atau kooperatif, sosial atau personal, internal atau eksternal, kebutuhan atau peluang, cocok atau tidak cocok, mendekat atau menjauh, dan strategi untuk meyakinkan
f. Membangun karisma, membuat konsensus dan komitmen terhadap implementasi konsensus
Dengan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan materi leadership training ini anda diharapkan nantinya mampu mengoptimalkan sumber daya manusia yang ada sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

0 komentar:

Post a Comment